Pengurus Keuskupan TNI Polri Gelar Ziarah Rohani Sekaligus Napak Tilas Sejarah

News1 Dilihat

JAKARTA, GemaRakyat – Pengurus Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI-Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) menggelar kegiatan Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI ke wilayah Jawa Tengah selama tiga hari dua malam, berangkat Jumat (15/2) pagi, dari Gereja Katolik St. Agustinus Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dan kembali ke Jakarta, Minggu (17/12) malam.

Menurut Wakil Uskup OCI, Romo Kolonel Sus. Yos M.M. Bintoro, Pr., Ziarah Rohani yang dipimpinnya itu untuk menghidupi inspirasi iman agar boleh menjadi bagian dari perjalanan sejarah pelayanan Keuskupan Militer.

“Sekaligus melawan lupa atas saksi sejarah dan meneruskan estafet tanggung jawab sejarah menghadirkan simbolik 100% Katolik dan 100% Patriotik. Semoga menjadi berkat untuk pelayanan OCI,” terang Romo Yos.

Rombongan pengurus OCI yang mengikuti Ziarah Rohani terdiri dari, Romo Kolonel Sus. Yos M.M. Bintoro, Pr (Mabesau), Kolonel Dwi Basuki (RSPAD), Kolonel Condro Nugroho (RSPAD), Kombes Pol. Ucok Silalahi (Mabes Polri), Kolonel Inf. Tri Jono (Kemhan RI), Kolonel Laut (P) Redemptus Suryoko (Kemhan RI), Letkol Laut (KH) Ignatius M. Pundjung (Mabesal) dan PNS Purbiantoro (Mabesau).

Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI agar dapat menjadi spirit dalam pelayanan dan iman, dimulai dari makam Alm. Romo Kanjeng Mgr. Albertus Soegijapranata, S.J. (25 November 1896 – 22 Juli 1963) yang berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jawa Tengah.

Makam Uskup Militer Pertama Indonesia yang mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah itu berada di areal tersendiri yang cukup luas dan tertata asri dengan dilengkapi bangunan Pendopo untuk menyenggarakan misa ataupun doa bersama. Soegijapranata menjadi Vicaris Militer Indonesia sejak 25 Desember 1949 hingga 22 Juli 1963.

Komentar