Panglima TNI: TNI Memegang Peranan Penting Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan Nasional

News1 Dilihat

JAKARTA, GemaRakyat – Dalam waktu dekat, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum tahun 2024, yang mencakup Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif, serta Pemilihan Kepala Daerah secara serentak. Pemilihan ini merupakan momen penting dalam proses demokrasi negara kita. Sehingga ketertiban, kelancaran, dan kesuksesan dalam penyelenggaraan agenda pesta demokrasi tersebut sangatlah vital. Para prajurit TNI harus peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi yang terjadi.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Guntoro, Sp.BP-RE(K). pada Upacara Bendera 17-an pada bulan Oktober 2023, bertempat di Lapangan Upacara B-3 Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (17/10/2023).

Untuk kesekiankalinya Panglima TNI menegaskan bahwa netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. TNI harus netral, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. “Sebagai salah satu pilar utama dalam pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Laksamana Yudo Margono juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan kerja keras seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas atas suksesnya KKT ASEAN, ASEX-01N, KTT AIS dan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI.

Komentar