Kodam XVIII/Kasuari Peringati Hari Juang TNI AD 2023: “TNI Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI”

News1 Dilihat

MANOKWARI, GemaRakyat – Kodam XVIII/Kasuari, yang dipimpin Pangdam, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., memimpin langsung jalannya upacara dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 78, di lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, pada Jumat (15/12/2023).

Dalam amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. M.Sc., yang dibacakan oleh Pangdam menyampaikan Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

“Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di pertempuran ambarawa, meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan dan ini menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberaniannya menjadi inspirasi bagi kita semua,” ucapnya.

Hari Juang TNI AD dengan mengusung tema, “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI” memiliki makna bahwa harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

“Kemanunggalan ini merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan, untuk menghadapinya TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya yang diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks, TNI AD harus berperan aktif dalam pelestarian alam yang merupakan tanggung jawab bersama, kita dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan, untuk itu dengan semangat Hari Juang TNI AD ini mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat”.

Komentar