Kepala Bakamla RI Berikan Kuliah Umum di Fakultas Hukum UI

News1 Dilihat

DEPOK, GemaRakyat – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla memberikan kuliah umum kepada 300 Mahasiswa Baru di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (30/9/2023).

Mengawali materi kuliah umumnya, Kepala Bakamla RI menjelaskan secara singkat dan padat mengenai peran Prof. Mochtar Kusumaatmadja, yang merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dalam proses pemberian legalitas kepada perairan kepulauan Indonesia sebagai bagian dari wilayah kedaulatan negara. Beliau juga memberikan paparan ringkas mengenai sejarah terbentuknya Bakamla serta dinamikanya.

Laksdya TNI Dr. Irvansyah kemudian memberikan penjelasan tentang landasan hukum yang mengatur mengenai tugas dan fungsi inti Bakamla RI di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Lebih lanjut, Kepala Bakamla RI juga membahas mengenai beberapa tantangan dalam menjaga keamanan laut Indonesia, seperti adanya banyak instansi dengan kewajiban serupa, dan kebijakan pemerintah yang dirancang untuk mengatasi isu tersebut.

Kepala Bakamla RI juga memberikan informasi mengenai capaian yang telah diraih oleh Bakamla RI pada tahun 2022 sampai dengan semester awal tahun 2023 serta sasaran yang telah ditetapkan untuk mendukung kinerja Bakamla RI dalam upayanya untuk melindungi wilayah maritim Indonesia.

Komentar