Danrem 012/TU: Food Estate Festival Mendorong Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal

News1 Dilihat

ACEH, GemaRakyat – Food Estate Festival Korem 012/Teuku Umar resmi dibuka dalam suasana meriah di lapangan Teuku Umar, Jl. Merdeka, Gp. Suak Indra Puri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, pada Selasa malam (22/11). Acara dihadiri oleh Pj. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulsufran, S.T. M.Si, dan sejumlah Pj. Bupati dan unsur Forkopimda Barat Selatan Aceh, Walikota Sabang, dan unsur Forkopimda Sabang.

Tampak hadir pula Kasrem 012/TU, para Komandan Satuan (Dansat) jajaran Korem 012/TU, Kepala Dinas Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Barat, Rektor UTU, Rektor STAIN, lembaga vertical, Pimpinan perusahaan BUMN dan BUMD, serta tamu undangan lainnya pada acara pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi sehingga festival ini berjalan lancar. Pasca pandemi Covid-19, tekanan perekonomian menjadi tantangan utama, dan Presiden RI menekankan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI untuk menciptakan percepatan pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 dengan fokus ketahanan pangan.

Pimpinan TNI, termasuk Korem 012/TU, aktif mendukung upaya ini dengan mengembangkan 51 hektar lahan tidur menggunakan konsep integrated farming system untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Food Estate Korem 012/Teuku Umar telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga, instansi, dan kementerian pertanian. Juga baru-baru ini meraih penghargaan sebagai “Ketahanan Pangan Terfavorit TNI-AD.”

Food Estate Festival merupakan bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan nasional, reformasi birokrasi dalam pelayanan publik, dan pengembangan ekonomi lokal. Tujuan acara ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif melalui pertanian, peternakan, dan perikanan.

Pj. Gubernur Aceh, diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulsufran, S.T. M.Si, menyampaikan apresiasi terhadap peran TNI-AD dalam mendukung program ketahanan pangan di Aceh. Harapannya, dukungan ini dapat mendorong gairah sektor pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian lokal.

Komentar