Bakamla RI Hadiri 9th Review Meeting on MoU Common Guidelines RI-Malaysia

News1 Dilihat

MALAYSIA, GemaRakyat — Deputi Kebijakan dan Strategi (Jakstra) Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung W.D., M.Tr. (Han) menjadi ketua Delegasi Indonesia dalam acara 10th Contact Group on the Sulu and Celebes Seas (CGSCS) Regional Plenary and Its Associated Activities. Pertemuan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (4/12/2023).

10th Contact Group on the Sulu and Celebes Seas (CGSCS) Regional Plenary and Its Associated Activities merupakan pertemuan tahunan yang dilaksanakan secara resiprokal antara Pemerintah RI, Malaysia, dan Filipina. Pada kesempatan ini, acara berlangsung sejak 29 November 2023.

Pertemuan diawali dengan pembahasan draft ke-2 dan tindak lanjut Coast Guard Trilateral Agreement (CGTA). Kemudian, pertemuan berfokus pada information sharing yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota Coast Guard. Memasuki hari terakhir pertemuan diisi dengan presentasi oleh Dr. Chiew Ping Hoo dengan tema Nuclear Proliferation Activities by DPRK and Findings of the Panel of Experts September 2023.

Akhir dari CGSCS ini telah menghasilkan pembentukan Coast Guard Trilateral Agreement (CGTA), yaitu delegasi RI, Filipina, maupun Malaysia sepakat untuk tidak berpartisipasi terhadap Coast Guard Trilateral Agreement. Selain itu, ketiga delegasi juga sepakat untuk tidak menyetujui pembentukan single point of contact 3Sulux, karena masing-masing negara sudah memiliki hubungan yang baik dan bermanfaat.

Komentar